kursus komputer

Kemenkeu

Kepastian USM STAN 2015 Tinggal Tunggu Kementerian PAN-RB

Kemenkeu | Jumat, 12 Juni 2015, 23:05:46

Diwawancarai pada Jumat, 12 Juni 2015, Direktur Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN), Kusmanadji, menanggapi isu terkait USM STAN 2015. Selain itu, Pihak Sekretariat Jenderal (Setjen) Kementerian Keuangan juga memberikan keterangan mengenai isu ini.

Direktur STAN menyatakan bahwa sampai saat ini kepastian USM STAN 2015 masih menunggu keputusan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kementerian PAN-RB). “Sampai saat ini kita masih menunggu keputusan Kementerian PAN-RB mengenai penerimaan pegawai,” ungkap Kusmanadji.

Kementerian Keuangan saat ini harus menunggu keputusan dari Kementerian PAN-RB karena masalah penerimaan pegawai menjadi wewenang kementerian tersebut. Saat ini, Kementerian Keuangan juga sedang menunggu keputusan jumlah pasti rencana penerimaan, atau biasa disebut formasi. “Kementerian Keuangan sendiri menetapkan berdasarkan persetujuan Menpan karena Menpan saat ini berhubungan dengan masalah penerimaan pegawai dan kita masih menunggu keputusan soal formasi,” jelas Kusmanadji

Lalu, mengapa pengumuman USM STAN 2015 agak lama? Kusmanadji menjelaskan bahwa hingga saat ini proses masih berjalan dan penyebab lamanya keputusan adalah kebijakan moratorium. “Karena sekarang ada kebijakan moratorium, sehingga sangat selektif dalam memutuskan penerimaan ini,” pungkasnya.

Menteri PAN-RB, Yuddy Chrisnandy, sendiri meninjau langsung ke STAN pada Kamis, 4 Juni 2015 dalam rangka menindaklanjuti permintaan dari Kementerian Keuangan karena saat ini Kementerian Keuangan secara riil masih membutuhkan pegawai yang harus direkrut melalui STAN. Yuddy, menurut keterangan Kusmanadji, tidak hanya meninjau ke STAN, tetapi juga ke sekolah yang sejenis dengan STAN. Di hari yang sama (Kamis, 4 Juni 2015), Menteri PAN-RB juga meninjau Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS) karena ada permintaan yang sama dari Badan Pusat Statistik (BPS)

Mengenai konsekuensi keterlambatan pengumuman USM STAN ini, Kusmanadji menjelaskan bahwa hal itu tidak berpengaruh pada kurikulum dan beban studi, maupun jumlah dosen dan pegawai. Kusmanadji menambahkan bahwa keterlambatan tersebut dapat saja berpengaruh pada jadwal akademis, yaitu pengadaan kuliah malam dan libur lebaran ditiadakan.

 “Seandainya Kemenpan setuju penerimaan, harus dirancang lagi segala sesuatunya. Namun, kurikulum dan beban studi tidak dapat berubah. Bisa saja liburan lebaran tidak ada dan ada perkuliahan malam,” jelasnya sambil tersenyum. 

“Intinya, kita masih menunggu. Saya tidak bisa mengatakan ada atau tidak penerimaan. Dari segi kebutuhan, Kemenkeu membutuhkan pegawai dan telah diajukan awal tahun. Kalau kita, ya, ingin penerimaan ini secepatnya, bahkan bahannya sudah disiapkan sejak dua bulan yang lalu. Kalau menurut prosedur, jawaban atas usulan penerimaan ini seharusnya telah diputuskan Maret atau April sehingga dapat diadakan pada bulan Mei. Namun, akibat moratorium, rencana semula  tidak dapat terlaksana. Jadi, kita (STAN) ini hanya pabrik yang memroses,” simpulnya.

Di lain pihak, Sekretariat Jenderal Kementerian Keuangan, melalui Biro Pengembangan Sumber Daya Manusia (PSDM) juga memberikan beberapa keterangan terkait isu ini, meskipun Sekretaris Jenderal sendiri tidak berani memberikan keterangan langsung dalam wawancara karena tidak ingin mendahului keputusan Menteri PAN-RB. “Hingga saat ini belum ada kepastian dari Menteri PAN-RB dan kami masih menunggu,” ungkap Zuraidah Retno, Kepala Bagian PSDM Setjen Kemenkeu. “Usulan penerimaan ini sebenarnya telah diajukan sejak Januari, tetapi belum ada jawaban,” tutupnya.

 

[Tim Liputan Khusus USM Media Center STAN]

Nama:
Email:
Komentar:
   
Catatan : Gunakan bahasa indonesia yang baik dan benar, jangan menggunakan terlalu banyak singkatan seperti SMS. Setiap komentar memerlukan persetujuan moderator.

Kirim Komentar Anda

berikut ini adalah kumpulan komentar dari artikel ini
 
QVXgoANPcO0Z
2016-08-06 - 19:12:34
anaom mne gila meroyan kat atas.jd2lah berangan.nak pee putra jaya konon nak pee bukit rok pon xlepa
 
Hera Hardiyanti
2015-08-07 - 19:43:40
Selamat malam. Maaf pak, apa bisa di berikan sedikit kebijakan untuk umur yang lebih sebulan atau du
 
irma kusmaya
2015-07-27 - 19:46:15
STAN merupakan sekolah yang diharapkan oleh adik ku..untuk menggapai cita citanya juga seluruh anggo
 
besse sulfiana fitri
2015-07-21 - 21:11:39
Harapanku dapat skolah di STAN. Smga Usm STAN 2015 kebuka. Insha Allah amin o:)
 
santo sulandry
2015-07-21 - 15:08:19
Ya allah semoga pak menteri cepet memutuskan usm stan,kasian yang udah les, apalagi ini jadi yang te
 
santo sulandry
2015-07-21 - 15:06:12
Ya allah semoga pak menteri cepet memutuskan usm stan,kasian yang udah les, apalagi ini jadi yang te
 
kardo
2015-07-20 - 22:35:40
tolonglah diminta lagi pak biar buka? cita2 sya ada di stan pak, kami memohon dengan sangat pak.. :
 
john
2015-07-13 - 08:54:17
Semoga ga buka dulu deh Gedungnya STAN gamuat kalo nampung 3 angkatan masa iya kuliah di taman cd
 
Peter
2015-07-10 - 15:51:33
Terimakasih untuk informasinya, mohon infonya jika boleh apabila telah keluar dapat di emailkan kepa
 
gunawan r .u
2015-07-07 - 10:24:09
Stan jadi harapan bukan tinggal kenangan semoga segera di adakan usm stan 2015 . Amin
 
QU9LO58KMd
2015-07-07 - 01:24:57
e4hm ja also erstmal danke ffcrs video, hat mir schon weietr geholfen, find ich immer cool wenn jema
 
Ernita putri
2015-07-03 - 06:27:28
Saya sangat berharap untuk kejelasan usm tahun ini berlancar cepat dan baik karna belom jelas jadi h
 
Mahasiswa baru
2015-07-02 - 05:02:02
iya ni blm ada pendaftaran STAN tahun 2015 yah..? padahal udah banyak yg nungguin infonya :( STAN
 
Aninda Intan
2015-07-01 - 23:05:59
Semoga tahun 2015 ini STAN buka pendaftaran Dan segera ada kepastian. Aamiin
 
regita ayu cahyani
2015-07-01 - 21:58:18
Tahun ini dibuka dong usmnya, kan kemenkeu juga butuh banak pegawai.
 
ira putri
2015-06-27 - 17:27:17
Mudah2 an isu yg katanya stan gk buka pendaftaran itu boong? Ditunggu loh info selanjutnya .
 
NR
2015-06-25 - 22:40:24
Semoga STAN th ini ttp buka pndftran ya Allah... Aamiin..
 
fiky
2015-06-20 - 20:44:57
kapan kepastian usm stan?
 
Muhammad aris
2015-06-19 - 09:48:56
SBMPTN sudah selesai test USM STAN kpn buka nya, . ?
 
revano
2015-06-19 - 00:14:19
Terimakasih media center, semoga kepastian usm segera diumumkan, makasih buat reporternya juga:*
 
Nurul Mutia Maharani
2015-06-17 - 09:31:06
semoga cepat ada kepastian untuk usm stan karena banyak peminat yang akan mendaftar di stan.
 
mei nanda
2015-06-15 - 21:06:35
semoga segera ada kepastian. berharap biar buka pendaftaran.
 
aprillia nurlita permata sari
2015-06-15 - 18:28:24
Sampai sekarang masih tetap menunggu pendaftaran STAN. Berharap segera ada keputusan untuk pendaftar
 
ahmad rasman
2015-06-15 - 11:45:22
trma kasi atas infonya... smga segera di buka pendaftarannya uda gak sbr ni.
 
bella
2015-06-15 - 11:28:01
semoga tahun ini buka pendaftarannya yaa, berharap banget..
 
Narita Nandatiara
2015-06-15 - 08:01:11
Masih setia menunggu pendaftaran STAN. Semoga bisa lolos di STAN
 
Sarman Sinaga
2015-06-15 - 07:54:40
kami berharap ada keterangan secepatnya tentang penerimaan USM STAN 2015 dan informasi yang akurat y
 
Atep koswara
2015-06-14 - 19:50:48
Makasih infonya
 
jr-2014
2015-06-13 - 22:47:06
mantap ada kuliah malam
 
Hendrikus Valentinus
2015-06-13 - 16:12:16
Kami menunggu kepastiannya kapan pendaftaran atau USM STAN 2015 dilaksanakan.
 
rwsjaya
2015-06-13 - 15:42:38
Koreksi: Bagian Perencanaan dan Pengadaan SDM (PPSDM), Biro SDM, Setjen.
 
Jogja Education Center
2015-06-13 - 15:18:40
Trims infonya tim media center STAN. kami selalu mennunggu info buka tidak nya stan. masih berharap
 
Andi Rukmananda
2015-06-13 - 15:16:33
semiga tahun ini terbuka pendaftarannya... aminnn
 
Dhimas Ragil Santoso
2015-06-13 - 14:18:19
Semoga tahun ini buka lah
 
okta albeni
2015-06-13 - 11:39:06
mohon bertanya pak,saya lulusan 2014.berapa batasan umur untuk mendaftar stan? apakah kemungkinan
 
geswid
2015-06-13 - 10:22:10
Kenapa ada perbedaan penerimaan stan dan stis? Terlihat agak sdikit ada keganjilan, kan sama2 sekola
 
Ishak
2015-06-13 - 06:44:02
nice info :)
 
Husain
2015-06-13 - 05:41:26
STIS buka... STAN juga Insha Allah buka... aamiin (y)
 
sz555
2015-06-13 - 00:03:40
Bisa jadi ada kuliah malam + nggak libur lebaran. Super sekali.

Media Center STAN