Subscribe:Posts Comments

You Are Here: Home » Berita, Hard News » Anang Rohmawan: Mudah-mudahan Alumni 2012 Jadi Generasi Paling Tangguh

Sesi kedua pamer cakap (talkshow) Career Expo STAN 2013 pada Sabtu (13/04/2013) di Student Center STAN yang bertema “Rahasia Perekrutan dan Penempatan PNS Kemenkeu” disampaikan dengan menarik oleh Anang Rohmawan, Kasubbag Perencanaan dan Formasi SDM Setjen Kementerian Keuangan. Antusiasme peserta pamer cakap sangat tinggi sehingga terjadi diskusi antara peserta dan narasumber yang dipandu oleh Wendi Nurhayat.

Dalam kesempatan yang diberikan oleh moderator, seorang alumnus STAN 2012 menanyakan langsung kepada Anang perihal nasib angkatannya. Sejak wisuda pada Oktober 2012 lalu, hingga kini lulusan STAN tahun 2012 belum mendapat kejelasan mengenai pengangkatan CPNS maupun penempatan instansi.

Anang Rohmawan dalam Talkshow Career Expo STAN 2013

Anang Rohmawan dalam Talkshow Career Expo STAN 2013.

Sebelum tahun 2012, menurut Anang, pihaknya mendapat dispensasi untuk langsung mempekerjakan lulusan STAN di Kementerian Keuangan. Namun sejak tahun 2012 Kementerian Keuangan tidak lagi mendapat dispensasi tersebut. Tanpa dispensasi, seluruh lulusan STAN harus mengikuti Tes Kompetensi Dasar (TKD) sebelum bisa bekerja di Kementerian Keuangan.

“Celakanya, Tes Kompetensi Dasar itu adanya setahun cuma sekali di bulan September,” ungkap Anang yang langsung disambut gemuruh para peserta pamer cakap.

Yang berhak menyelenggarakan TKD hanya Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. Pihak Anang sudah mengajukan negosiasi agar dapat mengadakan TKD sendiri tetapi hasilnya Kemenkeu tetap tidak berwenang akan hal tersebut. Oleh karena itu, lulusan STAN 2012 harus menunggu hingga bulan September 2013 untuk dapat melaksanakan TKD.

“Kalau boleh TKD sendiri kami tentu saja langsung (menyelenggarakan),” imbuh Anang.

Selain terbentur pelaksanaan TKD, ada proses penempatan lain yang belum selesai, yakni penentuan formasi pegawai. Formasi yang dimaksud merupakan penentu kuota pegawai yang akan diperoleh Kementerian Keuangan.

Anang menjelaskan, “Formasi ini jatuhnya tidak di awal tahun, bisa jadi di tengah tahun.”

Dua alasan tersebut menyebabkan lulusan 2012 sulit untuk bisa langsung bekerja di Kementerian Keuangan. Anang mengatakan bahwa pihaknya tengah mengupayakan koordinasi dengan Kemenpan & RB agar lulusan STAN 2012 dapat bermagang terlebih dahulu di Kementerian Keuangan sebelum pelaksanaan TKD. Namun menurutnya, selain terkait regulasi, proses tersebut tidaklah mudah karena melibatkan banyak pihak.

Anang mengatakan bahwa pihak Setjen Kemenkeu ingin regulasi tersebut secepatnya diselesaikan karena kebutuhan unit-unit Eselon I untuk lulusan D-3 STAN sudah sangat mendesak. Bahkan untuk mahasiswa D-3 STAN tingkat akhir tahun ini, calon lulusannya sudah “diijon” oleh unit-unit Eselon I Kementerian Keuangan.

“Kami juga inginnya Anda langsung bekerja. Namun, ada proses yang belum selesai. Ini terus terang prosesnya tidak gampang. Saya yakin Anda nanti masuk birokrasi akan tahu, betapa proses ini tidak gampang,” ujar Anang.

“Kalaupun ini nanti dasar hukumnya sudah selesai, lantas kalian bisa bekarja akhir April atau awal Mei, nanti tetap setelah itu ada Tes Kompetensi Dasar,” tegas Anang kepada alumni STAN 2012.

“Mudah-mudahan kalian menjadi generasi paling tangguh karena ujiannya luar biasa,” imbuhnya.

Untuk alumni STAN selanjutnya, yakni mulai lulusan STAN tahun 2013, Anang memprediksi proses pengangkatan dan penempatan akan lebih “soft” jika dasar hukum tentang pelaksanaan TKD dan magang sudah disahkan. Dasar hukum yang sedang diproses saat ini tidak hanya untuk lulusan STAN tahun 2012, sebab pihak Setjen Kemenkeu juga memikirkan lulusan-lulusan selanjutnya.

Anang berharap, “Mudah-mudahan nanti lulusan 2013 tidak lagi bingung dan galau.”

Di akhir sesi ia berpesan kepada seluruh mahasiswa STAN, “Yang paling penting, kuliah yang baik, lulus dengan IPK terbaik, dan tetap menjaga integritas.”

[Novia F.R./Sarah K.]

4 Comments

  1. Mr P says:

    kurang ngotot nih memperjuangkan nasib angkatan kakak kelas. ckckc

  2. hhaa

    ngeri sekali sodara2 ku

    semoga MASIH ADA STAN ya,,, kami membutuhkan tenaga kerja yang berkualitas ASAP..

    aammiinn

  3. kms says:

    memangnya itu proses dimulai sejak kapan sih? sejak alumni 2012 dinyatakan lulus (oktober)? kalo bener…kenapa ga dari setaun sebelum kelulusan alumni 2012 sih diurusnya?

  4. [...] Career Expo menjadi acara selanjutnya. Sembilan instansi di bawah Kementerian Keuangan diundang ke Gedung Student Center STAN untuk meramaikan acara. Turut hadir pula BI, BPKP, OJK, serta BEI yang membuka pendaftaran lowongan kerja dalam acara tersebut. Selain itu, acara ini juga mengundang alumni STAN untuk berbagi pengalaman seputar dunia kerja, termasuk di dalamnya Anang Hermawan yang membeberkan dengan cukup gamblang mengenai rahasia penempatan. [...]

Leave a Reply

© 2013 Media Center STAN · Subscribe:PostsComments · Designed by Theme Junkie · Powered by WordPress